Laser Safute, Pengobatan Wasir Tanpa Jahitan

Jurnal Bogor, 14 Maret 2010
Rubrik: Kesehatan

Bogor - Mungkin Anda su dah tidak asing lagi dengan wasir atau ambeien. Penyakit yang dalam istilah kedokterannya disebut hemoroid ini termasuk yang paling sering diderita masyarakat, bahkan prevalensinya mencapai 90 persen dari populasi. Walau bukan termasuk penyakit membahayakan jiwa, namun gangguan wasir tentu sangat menganggu kenyamanan si penderita.
Wasir bisa bersifat interna (dalam) atau eksterna (luar). Malah terkadang karena ketidaktahuan dan kurang pahamnya masyarakat mengenai wasir, maka segala keluhan di daerah anus disebut sebagai wasir. Padahal itu tidak benar karena masih banyak penyakit lain yang bisa diderita di daerah anus seperti fisura (luka atau robek bagian dinding dubur), fistula (penyakit yang sering timbul di sekitar dubur, mirip bisulan), papilloma, ataupun kondiloma.
Tatalaksana wasir pun beragam, mulai dari disuntik, ligasi pita karet, elektroterapi atau infrared hingga operasi dengan teknik konvensional atau stapler. Setiap tindakan juga memiliki kelebihan dan kekurangan serta indikasi masing-masing, tergantung derajat penyakit dan komplikasi yang ada.
Tapi kini, ada alternatif baru yang sedang populer di Cina, yaitu laser safute. Sebenarnya rupa dari metode ini bukanlah laser, hanya untuk memudahkan pemahaman masyarakat, maka disebutlah laser. Sedangkan kata safute itu sendiri ialah nama perusahaan yang mengembangkan teknologi ini. Ribuan rumah sakit dan klinik di sana sudah menggunakannya untuk mengobati pasien dengan gangguan anorektal dan wasir.
Ingin mencoba terapi ini, namun jauh di sana? Tenang saja, Anda tak perlu berangkat ke Negeri Tirai Bambu itu karena di Indonesia, khususnya Bogor telah tersedia teknologi tanpa jahitan, tanpa rawat inap namun terjangkau ini, yaitu di Klinik Rematika, Seuseupan Desa Bendungan Ciawi Bogor RT 06/06 (400 m dari RSUD Ciawi) yang diawasi langsung oleh dokter ahli, yaitu dr. Panji Priambudi.
Panji mengatakan kelebihan dari teknologi ini dapat dilakukan di klinik tanpa rawat inap (untuk yang belum parah). Bahkan perdarahan dan nyeri usai tindakan juga jauh lebih minim daripada tindakan biasa. Artinya tindakan laser safute sangat nyaman bagi pasien. Kejadian kekambuhan dan efek samping juga hampir tidak ada atau sangat kecil. “Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang melibatkan hampir seribu orang dan 98 persen diantaranya cukup membutuhkan anestesi (bius) lokal saja,” terangnya kepada Jurnal Bogor, kemarin.
Selain mengobati wasir, laser ini dapat juga digunakan untuk gangguan anorektal seperti fisura, fistula, papilloma, ataupun kondiloma. Pada penelitian tersebut juga disebutkan bahwa dengan metode ini kesembuhan dapat dicapai sekitar seminggu lebih cepat dibandingkan lainnya.
“Laser safute ini memakai teknologi BEIM (biological electrical impedance automeasurement). Maksudnya membuat jaringan yang akan dipotong menjadi kering dan keras tanpa terjadi karbonasi, sehingga saat dipotong tidak mengeluarkan darah dan efek inflamasi yang timbul pun kecil. Dengan begitu, perdarahan, infeksi, dan nyeri setelah tindakan sangat minimal dan tidak memerlukan jahitan,” papar Panji.
Yah, seperti yang dikatakan Panji sebelumnya, setiap teknologi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Nah, kekurangan alat ini adalah tidak semua penderita dapat diterapi dengan alat ini. Penyakit yang mengarah ke keganasan atau grade lanjut sangat baik untuk berkonsultasi dengan dokter bedah. “Biayanya sekitar Rp *.***.*** hingga Rp *.***.***, tergantung keadaan penyakit dan penyulit pada saat tindakan. Tentu harga ini sangat terjangkau dibanding biaya operasi,” kata Panji.
Perlu ditambahkan banyak terapi alternatif untuk mengobati wasir dengan biaya yang sangat mahal, bahkan ada yang sampai 30 juta. Hal ini harus dipertimbangkan secara matang karena kebanyakan teknik yang digunakan belum dilakukan penelitian yang sewajarnya, sehingga efek samping jangka panjang, serta derajat kekambuhan belum bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah. “Jika ingin informasi lebih lanjut, pembaca dapat menghubungi Wahyu di 085880499121,” pungkasnya.

Nasia Freemeta I
nasiaf@jurnas.com

Laser Safute; dr Panji

085880499121

PALEM INDAH C5

PONDOK KELAPA JAKTIM

Liputan dari jurnal bogor; Wasir tanpa operasi tapa jahitan

14 komentar:

  1. saya beruntung setelah nemu link ini n ditanganin oleh Dr. Panji, alhamdulllah cuma 2 minggu udah bisa kembali beraktifitas, coba bayangin deh gimana rasa seneng nya :)

    BalasHapus
  2. Dear dr. Panji

    Terima kasih atas pertolongannya lewat metoda safute ini. Sebelumnya
    saya sangat terganggu oleh wasir akibat pola makan & pencernaan saya
    yg kurang baik. Malalui metoda safute ini waktu yang diperlukan untuk
    recovery & kembali ke aktifitas normal tidak lama (saat itu saya di
    lakukan tindakan pada hari minggu & rabu sudah bisa masuk kantor
    seperti biasa) dan perawatan pun dapat dilakukan sendiri dirumah.
    Sekali lagi saya ucapkan terima kasih untuk dr. Panji & Klinik
    Safute-nya.


    Regards
    testi Tn Joko. P Tangerang

    BalasHapus
  3. aswrwb.

    Alhamdulillah wasyukurillah Allah SWT memberikan jalan pengobatan wasir
    saya yang sudah derita sekitar 13 tahun dan terakhir ketika dioperasi
    dengan Laser Safute sudah mencapai stadium 4.

    Kerika saya membaca informasi metoda sfuate yang menggunakan teknologi
    BEIM (Bio Electrical Impedance Automeasurement) saya sebagai orang
    instrumentasi tertarik dengan kata "Automeasurement". Dengan fitur tsb
    maka bagian kulit yang dipanaskan/atau dikenakan seperti laser didteksi
    berdasarkan karakteristik spesifik dari Bio Elektrical si pasien, sehingga
    terhindar dari kondisi pemanasan berlebihan yg bisa menyebakan karbonasi.

    Dan ternyata setelah saya menempuh operasi tersebut memang prinsip BEIM
    itu bekerja baik. Bagi saya ada beberapa keuntungan yang saya pribadi
    lihat dan rasakan langsung dengan pengobatan teknologi BEIM ini:

    1. Operasi ini tidak disertai pendarahan dan tidak ada karbonasi
    2. Operasi berlangsung sangat sederhana dan cepat (kasus saya yg stadium
    empat dan cukup besar, berlangsung 15 menit) dengan bius lokal saja.
    3. Tidak memerlukan komplikasi observasi dan perlakuan pra-operasi dan
    pasca-operasi.
    4. Biaya jauh relatif hemat dibanding dengan operasi di rumah sakit
    5. Tidak perlu rawat inap, dan langsung pulang
    6. Tanpa ada jahitan.

    Dan yang paling penting adalah keikhlasan hati kita (pasien) dan yang
    mengobati pasien.

    Wass. K.B. Seminar

    terimakasih prof K.. Mudah2an Terus sehat ya pak..

    BalasHapus
  4. Selamat pagi pak dokter, baik ini kesan positif saya..
    Safute teknologi yang akurasi dalam pengobatan wasir dapat dipercaya, teknik yang sangat minim rasa nyeri dan resiko pendarahan, saya sangat bersyukur karena hal ini dapat mengurangi rasa cemas yang selama ini ada dalam diri saya. Thanks to Safute dan dtr ahlinya..

    testi tn I. Bali

    BalasHapus
  5. Kesaksian saya tentnag safute untuk wasir,
    Saya bersyukur atas petunjukNya, saya bertemu dengan dokter sehingga saya yang sudah usia 71 tahuntidak menderita kesakitan, hanya pedih biasa dan bisa langsung pulangtidak menginap di rumah sakit. Kurang dari tiga minggu setelah tindakanwasir saya sudah sembuh sempurna. Metode Safute memang OK banget, utk penderita wasir saran saya datanglah ke dr Panj. Jangan Ragu. Demikian dok, GBU & ur fam

    Testi Tn P. Taman Mini

    BalasHapus
  6. Salam dok kalau untuk fissura ani bisa juga dok,,,yg sangat menderita adalah fissura ani nya ,,,disamping wasirnya''''saya ingin ,mencobanya''''trmksh sebelumnya atas jawabannya,,,,jazakallah

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. silahkan bisa dtg ke klinik pusat di Palem Indah Blok C no 5 Pondok Kelapa Jaktim
      silahkan hub :
      Rizky - 085715966774 / 081283575641
      Anton - 085643552423
      terima kasih

      Hapus
    2. silahkan hub :
      Rizky - 085715966774 / 081283575641
      Anton - 085643552423
      terima kasih

      Hapus
  8. Balasan
    1. silahkan hub :
      Rizky - 085715966774 / 081283575641
      Anton - 085643552423
      terima kasih

      Hapus
  9. Balasan
    1. silahkan hub :
      Rizky - 085715966774 / 081283575641
      Anton - 085643552423
      terima kasih

      Hapus

Silakan berkomentar, kami akan membantu permasalahan Anda.