Hemorrhoid (wasir atau ambeyen) adalah pembengkakan jaringan dan pembuluh darah vena di daerah anus dan rectum yang gatal, nyeri dan berdarah. Untungnya wasir dapat diobati dengan mudah dan juga dapat dicegah. Sejak kondisi ini cenderung progresif atau memberat seiring waktu terapi yang tepat cepat dan aman dianjurkan untuk segera dilakukan saat gejala mulai terasa.

Penyakit ini mempengaruhi sekitar 89% populasi Amerika di suatu waktu dalam hidupnya. Penyakit ini juga yang menyebabkan Napoleon duduk miring di kudanya, yang membuat presiden Jimmy Carter masuk kamar operasi dan membuat bintang baseball George Brett dicadangkan saat world series 1980. Bahkan pada suatu penelitian disebutkan bahwa sekitar setengah dari orang sehat yang diperiksa memiliki wasir dengan derajat tertentu

Apakah Wasir itu?

Kata hemorrhoid atau wasir dimaksudkan pada suatu keadaan dimana vena disekitar anus dan rectum bagian bawah membengkak dan terinflamasi. Salah satu penyebab utama wasir adalah kebiasaan mengedan yang berlebihan saat BAB yang kemungkinan diakibatkan konstipasi. Faktor lain yang termasuk diantaranya adalah kehamilan, proses penuaan, konstipasi kronis atau diare dan hubungan sex lewat anal. Wasir muncul dari kongesti plexus vena (plexus; kumpulan vena2 kecil) di bagian internal, external di sekeliling saluran anal.

Apakah Gejala Wasir itu?

Banyak gangguan anorektal termasuk fissura, fistula, abses atau iritasi dan gatal (pruritus ani) memiliki gejala yang mirip dan seringkali dimisdiagnosa dengan wasir. Wasir biasanya tidak berbahaya atau mengancam nyawa. Sangat jarang seorang pasien mengalami perdarahan yang sangat berat sehingga menimbulkan anemia berat atau kematian. Tapi pada banyak kasus gejala wasir cenderung rekuren dan seringkali lebih buruk dari sebelumnya. Dan satu hal lagi yang mesti diketahui, meski banyak sekali orang yang menderita wasir tetapi tidak semuanya bergejala.

Gejala yang paling umum dari wasir internal adalah bercak darah merah segar yang menetes setelah bab. Selanjutnya wasir internal cenderung membonjol keluar dari anus untuk kemudian menjadi teriritasi dan nyeri.

Gejala dari wasir eksternal termasuk pembengkakan yang bisa nyeri atau tidak atau bonjolan keras disekitar anus akibat adanya bekuan darah. Kondisi ini dikenal dengan wasir eksternal yang thrombosed. Sebagai tambahan, mengedan berlebihan, menggosok atau membersihkan daerah anus dapat menimbulkan iritasi dengan perdarahan atau gatal.

Seberapa Seringkah gangguan wasir itu?

Wasir atau ambeyen sangat biasa pada pria dan wanita. Sekitar setengah dari populasi memiliki wasir pada umur 50 tahun. Wasir juga amat biasa pada wanita yang hamil. Tekanan dari fetus didalam perut dan begitu juga dengan perubahan hormonal menyebabkan vena di daerah rectum untuk membesar. Vena-vena ini juga mendapatkan tekanan yang besar saat melahirkan. Untungnya untukkebanyakan wanita, wasir setelah melahirkan biasanya dapat sembuh dengan sendiri.

Bagamaimana wasir hemorrhoids didiagnosis ?

Pemeriksaan menyeluruh dan diagnosis yang baik dari seorang dokter sangat penting bila ada gejala perdarahan dari rectum. Perdarahan bisa jadi merupakan gejala penyakit lain dari saluran cerna termasuk kanker kolorektal. Dokter akan melakukan inspeksi pada daerah rectum untuk mencari pembesaran pembuluh darah vena yang mengarah ke wasir atau hemorrhoid dan juga akan melakukan pemeriksaan jari untuk merasakan ada tidaknya abnormalitas pada daerah rectum. Untuk lebih lengkapnya lagi dokter dapat melakakkan pemeriksaan anoskop untuk melihat secara langsung ada tidaknya abnormalitas di daerah rectum. Bila ada kemungkinan gangguan terletak lebih di atas dari rectum sepertri misalnya kolon bawah (sigmoid) dokter biasanya meminta pemerisaan enunjang yang lebih mendalam seperti dengan atau seluruh kolon dengan colonoscopy.

Bagaimana Cara Pengobatannya?

Pengobatan dengan obat hanya diarahkan untuk mengurangi gejala saja. Beberapa hal yang bisa dicoba antara lain adalah rendam dengan air hangat selama 10 menit, penggunaan krim hemorrhoid atau obat supp ke daerah yang terkena wasir selama batas waktu tertentu. Pencegahan rekurensi wasir atau hemorrhoid dilakukan dengna cara mengurangi tekanan di daerah rektum dan mengedan karena konstipasi. Biasanya dokter akan menganjurkan untuk meningkatkan konsumsi serat dan cairan. Minum serat yang tepat dan minum air 6-8 gelas sehari dapat membuat kotoran lebih lembut. Kotoran yang lembut membuat proses defekasi lebih mudah sehingga mengedan bisa minimal. Proses mengedan minimal membantu mencegah wasir membonjol. Sumber serat yang baik antara lain adalah buah-buahan dan whole grains. Sebagai tambahan dokter mungkin juga akan memberikan obat pencahar ringan yang berfungsi membuat kotoran lebih lembut atau suplemen serat seperti psylium atau methylcellulose. Pada beberapa kasus, wasir atau hemorrhoid harus diterapi secara endoskopi atau secara bedah. Metode ini digunakan untuk menciutkan dan menghancurkan jaringan wasir tersebut. Dokter dapat melakukan tindakan tersebut bisa di ruang praktek atau harus di ruang operasi. Hal ini dapat dibaca pada metode wasir tanpa operasi.

Bagaimana Laser Safute bisa membantu wasir??

Safute merupakan teknologi terbaru dalam penanganan wasir. Safute membuat jaringan menjadi kering dan keras dengan teknologi BEIM (Biological Electrical Impedance Automeasurement) sehingga wasir yang diinsisi tidak menimbulkan perdarahan dan persarafan pun tertutup oleh kolagen yang dicairkan sehingga nyeri jauh lebih minimal.

Singkatnya Safute seaman metode wasir tanpa operasi tetapi sama dengan efektivitas operasi dengan biaya yang jauh lebih terjangkau karena rawat inap sagat minimal atau bahkan pasien bisa langsung pulang dan nyeri serta perdarahan pasca tindan tidak ada atau hampir 0%.

Bagaimana cara mencegah wasir?

Cara terbaik mencegah wasir adalah untuk menjaga kotoran tetap lembut sehingga dapat lewat dengan mudah, tidak menahan-nahan bab dan untuk seminimal mungkin mengedan saat bab. Olahraga termasuk berjalan dan mengkonsumsi makanan tinggi serat membantu mengurangi konstipasi dan mengedan dengan cara membuat kotoran lebih lembut dan lebih mudah lewat.

Disarikan dari www.hemorrhoid.net

Laser Safute; dr Panji

Hemorrhoid ( Wasir atau Ambeyen ), Apa dan Kenapa??

1 komentar:

Silakan berkomentar, kami akan membantu permasalahan Anda.